Sering kali kita mendengar istilah "sistem informasi", namun belum banyak yang mengetahui apa sebenarnya arti dari istilah tersebut. Bahkan mungkin seorang mahasiswa jurusan sistem informasi pun lupa atau kurang memahami apa arti "sistem informasi". Mari kita kupas habis mengenai hal ini, kalau masih belum jelas juga ya harap maklum saya juga masih mahasiswa... :)
Sistem menurut saya, merupakan kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Menurut Jerry FithGerald :
sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Karakteristik sistem :
- memiliki komponen;
- batas sistem (boundary) ;
- lingkungan luar sistem (environment) ;
- penghubung sistem (interface) ;
- masukan sistem (input) ;
- keluaran sistem (output) ;
- pengolah sistem (process) ;
- sasaran sistem ;
Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi yaitu, input -> proses –> output.
Pengumpulan dan pengolahan data sangat menetukan kualitas dari informasi, yang menentukan apakah informasi ini berkualitas atau tidak. Kualitas informasi tergantung dari 3 hal, yaitu informasi harus:
- akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan masudnya;
- tetap pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat;
- relevan, berarti informasi tersebut menpunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.
Nilai Informasi sangat ditentukan dari dua hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya
mendapatkannya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.
mendapatkannya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.
Jadi bisa kita simpulkan bahwa :
Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.
Atau ;
Sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi.
Dari definisi di atas terdapat beberapa kata kunci:
- Berbasis komputer dan Sistem Manusia/Mesin
- Berbasis komputer: perancang harus memahami pengetahuan komputer dan pemrosesan informasi.
- Sistem manusia mesin: ada interaksi antara manusia sebagai pengelola dan mesin sebagai alat untuk memroses informasi. Ada proses manual yang harus dilakukan manusia dan ada proses yang terotomasi oleh mesin. Oleh karena itu diperlukan suatu prosedur/manual sistem.
- Sistem basis data terintegrasi
- Adanya penggunaan basis data secara bersama-sama (sharing) dalam sebuah database manajemen system.
- Mendukung Operasi
- Informasi yang diolah dan di hasilkan digunakan untuk mendukung operasi organisasi.
Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai "Sistem Informasi", semoga artikel saya yang pertama ini memberikan pencerahan bagi Anda yang membacanya... :)
Enjoy the other articles... :)


0 comments:
Posting Komentar