Rabu, 21 Desember 2011

Pelayanan Prima Bukan Pelayanan Individual

Saat ini Universitas Brawijaya (UB) semakin menunjukan kiprahnya di tingkat nasional dan internasional. Ini terbukti dengan didapatkannya rekomendasi ISO 9001:2008 dari Lloyd's Register Quality Assurance (LRQA)  dan masuk nominasi Piala Citra Pelayanan 2012. Sehingga UB mempunyai tanggung jawab besar dalam mempertahankan kualitas dengan memberikan pelayanan yang lebih baik untuk memuaskan pelanggan. Demikian disampaikan Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) UB Prof. Dr. Agus Suman DEA, dalam kegiatan Pelatihan Pelayanan Prima bagi pejabat struktural Kepala Biro, Kepala Bagian, dan Kepala Sub Bagian di lingkungan UB, Senin-Selasa (5-6/12) di UB Hotel. Lebih lanjut Agus menyampaikan kegiatan pelayanan prima perlu menjadi bagian keseharian dengan memenuhi standar prima dan dilakukan terhadap semua komponen.

PR II  Warkum Sumitro SH, MH yang membuka acara ini menambahkan, dalam melakukan pelayanan prima yang cepat dan efisien perlu terlebih dahulu memahami seperti apa pelayanan prima ini agar bisa sesuai standar dalam implementasinya. “Karena pelayanan prima bukan pelayanan individual tetapi pelayanan kolektif. Apabila salah satu unit baik maka semua akan ikut baik,” paparnya.

Warkum memaparkan setelah memahami standar pelayanan prima proses selanjutnya adalah sosialisasi kepada seluruh warga UB dan dalam implementasinya perlu ada monitoring dan evaluasi untuk menjaga pelaksanaanya. “Sehingga pelayanan UB bisa cepat, tepat dan akurat,” pungkasnya.

Materi pertama disampaikan Ketua Pusat Pengelola Informasi dan Keluhan (PPIK) UB, Dr. Drs. Tjahjanulin Domai, MS. Ulin menyampaikan tentang  mekanisme penanganan keluhan pengguna jasa layanan, dimana pelanggan bisa menyampaikan keluhannya melalui http://e-complaint.ub.ac.id. Dilanjutkan Hamidah Nayati Utami, M.Si yang menyampaikan tentang beberapa model penanganan keluhan. Diantaranya dengan menggunakan buku keluhan yang disediakan di resepionis, kotak saran maupun melalui voting dengan komputer.”Hal ini penting untuk menampung suara keluhan pelanggan dan UB sudah lebih baik dengan menerapkan e-complaint,” pungkasnya.

0 comments:

Posting Komentar